PENDIRI InaSAR BERSAMA PROFESOR YOSHIO YAMAGUCHI, PAKAR SAR JEPANG, PENEMU YAMAGUCHI DECOMPOSITION

Tokyo – Bertempat di Gedung TKP (Expert Building), Shimbashi, Tokyo, Jepang, pada tanggal 21 Januari 2020, pendiri InaSAR menyempatkan diri bertemu dengan Profesor Yoshio Yamaguchi dari Niigata University.

Pertemuan ini berlangsung di acara Principal Investigator (PI) Meeting, Tahun Fiscal 2019 yang diselenggarakan oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) yang merupakan lembaga antariksa milik Jepang.

Pada pertemuan ini pendiri ISAC dan Prof. Yamaguchi bertukar pikiran mengenai pengembangan metode Yamaguchi Decomposition yang telah dikembangkan oleh Profesor Yamaguchi selama ini. Disamping itu dibahas juga rencana kerjasama ke depan antara Indonesia dan Jepang dibidang aplikasi teknologi Synthetic Aperture Radar (SAR) di Indonesia, khususnya Polarimetric SAR, sebagai sebuah bidang yang ditekuni oleh Prof. Yamaguchi.

Bagi para pembelajar Synthetic Aperture radar di manapun berada, pasti sudah tidak asing dengan metode Yamaguchi Decomposition yang dikembangkan oleh Prof. Yoshio Yamaguchi. Dengan metode ini, maka scattering dari data SAR full polarimetri dapat dipisahkan menjadi banyak komponen, sesuai karakteristik obyeknya. Dengan demikian, analisis data SAR menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.